Wapres Luncurkan ‘Lapak Abah’ dan ‘Ojek Desa Online’ di Purwakarta

Purwakarta, SuaraKritis.net – Wakil Presiden Ma’ruf Amin di dampingi Gubernur Jawa barat Ridwan Kamil dan Bupati Purwakarta Anna Ratna Mustika meluncurkan aplikasi digital Lapak Abah dan Ojek Desa di Pendopo Bupati Purwakarta, Senin, 28 Maret 2022.

Wapres mengatakan, aplikasi Lapak Abah merupakan aplikasi marketplace yang khusus menjual produk UMKM yang diharapkan dapat bersaing di pasar global.

“Sementara Ojek Desa aplikasi yang di buat untuk mendistribusikan hasil tani ke pelosok daerah yang terkendala geografis, kedua aplikasi tersebut di kembangkan Yayasan Dewa Dewi yang bekerjasama dengan Pemerintah daerah Provinsi Jawa barat dan Pemda kabupaten Purwakarta,” ujarnya di Purwakarta, Senin, 28 Maret 2022

Ma’ruf Amin mengapresiasi peluncuran aplikasi digital tersebut yang dapat meningkatkan pertanian.

“Ekosistem pemberdayaan petani juga perlu memanfaatkan teknologi digital agar dapat lebih berkembang lagi,” ujarnya.

Baca juga:  Petani Pancawati Kabupaten Bogor Ngadu ke Dewan

Sementara itu, Ridwan Kamil menyampaikan bahwa kedua aplikasi tersebut sebagai program Provinsi Jawa Barat untuk menunjang pertanian dan ketahanan pangan.

“Semoga suatu hari nanti kita bisa berdaulat pangan seratus persen, karena negara kuat jika pangan berdaulat,” ujarnya.

Selain peluncuran aplikasi digital Wapres RI juga meluncurkan Santri Digital preneur serta penanaman jagung dan kedelai dalam rangka program Integrated farming di lahan yang akan tanami dua komoditas pertanian seluas 52 Hektar.

Turut mendampingi kunjungan kerja Wapres KH Ma’aruf Amin, Pangdam III Siliwangi Mayjen Kunto Arief Wibowo, Kapolda Jabar Irjen Pol untan, Wakil Menteri Pertanian Harvick Husnul Qalby serta Forkopimda Kabupaten Purwakarta. (Bilam)

 

Editor: Agus Subagja