Ranperda RTRW Jepara Selesai Dibahas, Agus Sutisna Berharap Lolos di Lintas Sektoral

Jepara, SuaraKritis.net – Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Jepara Tahun 2022 – 2042 telah selesai dibahas oleh Panitia Khusus (Pansus) IV DPRD Kabupaten Jepara.

Pembahasan tersebut berjalan cukup lama, bahkan merupakan pembahasan Ranperda terlama yang dilakukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jepara yang dimulai pada tanggal 7 Maret 2022 dan selesai pada tanggal 16 September 2022.

Hal ini sangat wajar dan beralasan, mengingat Ranperda ini apabila telah diundangkan akan berlaku selama 20 (duapuluh tahun) yaitu 2022 – 2042.

Pansus tersebut diketuai oleh Dr. H. Agus Sutisna, SH, MH, Wakil Ketua H. Sunarto S.Sos, dengan Anggota H. Masykuri, Bustanul Arif, H. Sutrisno S.E., Edy Ariyanto, Padmono Wisnugroho, S.H., Kholis Fuad, S.Hi, Hj. Sri Lestari S.H., Moh Jamal Budiman, S.Ag, M Latifun, S.Sn, ST, MT, H Sukardi, S.Pd, M.M.

Agus Sutisna sangat berharap setelah selesai dibahas di tingkatan Pansus, Ranperda tersebut akan dibahas ditingkat kementerian Lintas Sektoral (Linsek) dan Sabtu, 17/9/2022 melalui sambungan WhatsApp, Agus sangat berharap, apa yang sudah selesai dibahas dalam rapat Pansus selama 7 (tujuh) bulan tersebut akan lolos dalam pembahasan lintas sektoral di kementerian.

Baca juga:  Bupati Bandung Minta Pemerintah Pusat Pertimbangkan Kebijakan Penghapusan Honorer

“Saya sangat berharap Ranperda RTRW ini akan lolos di pembahasan Lintas Sektoral (Linsek), karena kita warga Jepara yang paling faham dan tahu akan kebutuhan Penataan Ruang di Kabupaten Jepara, dan kita telah membahasnya secara detail, walaupun belum sempurna, tetapi paling tidak telah mencapai keseimbangan antara kebutuhan penataan ruang untuk permukiman, pertanian, perkebunan, peternakan, pariwisata, pergaraman, industri, transportasi, pertahanan keamanan serta pola ruang lainnya,” jelas Agus.

“Ranperda tersebut direncanakan akan diparipurnakan pada hari rabu tanggal 21 September 2022 dengan agenda Rapat Paripurna Ranperda Persetujuan Substansi RTRW Kabupaten Jepara 2022 – 2042.”

“Semoga berjalan lancer sesuai harapan, dan masyarakat bisa mengikuti Rapat Paripurna tersebut karena digelar secara terbuka,” pungkas Agus Sutisna.

SP-JPR / Red.

Tags: ,