Politeknik Bumi Akpelni Kembali Ukir Prestasi, Taruna Dapatkan Beasiswa University Of Nottingham UK

Semarang, SuaraKritis.netPoliteknik Bumi Akpelni (PBA) Semarang kembali mengukir prestasi dalam bidang Pendidikan Kemaritiman. Ganang Ibnu Wicaksono Taruna angkatan 56 (memperoleh Bea Siswa) program studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Operasi Kapal (TROK) yang akan melaksanakan studi dan internship ke Nottingham University, United Kingdom.

Direktur Politeknik Bumi Akpelni Capt. Cahya Fajar Budi Hartanto, M.Mar., M.Si., dengan bangga memberikan penghargaan kepada taruna tersebut.

“Pencapaian prestasi ini, telah dipersiapkan dari seleksi di bulan Maret yang diikuti 18 taruna lalu sampai di tahap akhir 4 taruna hingga akhirnya 1 yang lolos pada awal bulan Juli lalu,” Kata Capt Fajar, Kamis (29/9/2022).

Program Indonesian International Mobility Award edition Vocational (IISMAeVo) tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek dan LPDP atau Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ini menjadi peluang besar bagi mahasiswa vokasi dalam berkembang di dunia Internasional yang selama ini telah ditunggu-tunggu.

Dalam kegiatan ini, Capt Fajar menyampaikan pesan kepada seluruh Taruna agar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris dalam mempersiapkan diri dalam bersaing di kancah Internasional.

Prestasi Taruna Ganang dalam program Indonesian International Mobility Award edition Vocational (IISMAeVo) tahun 2022 merupakan prestasi besar dalam sejarah Politeknik Bumi Akpelni yang baru saja merayakan Dies Natalis ke-58 di bulan September ini.

Selain memiliki prestasi yakni perolehan penghargaan Politeknik terbaik ke-2 pada Anugerah Implementasi MBKM oleh LLDikti VI Jawa Tengah pada tahun 2021, yang tentunya didukung oleh para dosen profesi yang kompeten dan fasilitas simulator bertaraf Internasional.

Baca juga:  Kebakaran di Kampung Cincau Subuh Tadi, 11 Rumah Ludes Terbakar

Capt. Fajar menambahkan bahwa kegiatan Bahasa Inggris di Politeknik Bumi Akpelni telah dilaksanakan secara konsisten melalui AECC (Akpelni English Conversation Course) dimana Taruna wajib mengikuti kegiatan tersebut selama 1 tahun serta pelaksanaan TOEIC yang telah bekerjasama dengan International Test Center (ITC) dimana sertifikat tersebut berstandar Internasional.

Penghargaan yang diberikan oleh Yayasan Wiyata Dharma dan program beasiswa Abhichandra Pramodana kepada Taruna Ganang tentu menjadi motivasi bagi seluruh taruna agar terus berpacu dalam prestasi sesuai bidang masing-masing.

Ia menambahkan meskipun Taruna dan Taruni tinggal di asrama tidak menyurutkan semangat serta membatasi mereka menggapai impian. Terbukti berbagai perusahaan Nasional maupun Internasional telah bekerjasama dengan Politeknik Bumi Akpelni seperti PT. Gurita Lintas Samudera, PT. Pertamina Shipping International, SOECHI LINES, PT Samudera Indonesia, NYK, Equinox, PT. Waruna, dan masih banyak lagi dimana Taruna akan melaksanakan magang baik praktik darat maupun laut di perusahaan tersebut.

“Kiat sukses yakni harus semangat dalam memperjuangkan masa depan, jangan malas mencoba hal baru, harus berani walau dalam keterbatasan, kemudian persiapkan Bahasa Inggris. Sebagai generasi muda kita harus keluar dari zona nyaman, mahasiswa vokasi juga bisa,” pesan Capt. Fajar.

Direktur Politeknik Bumi Akpelni berharap, bahwa berangkatnya Ganang ke UK bisa menjadi motivasi besar kepada seluruh mahasiswa vokasi maritim di Indonesia untuk bangkit dan menunjukan bahwa pendidikan tinggi vokasi kemaritiman patut dijadikan pilihan yang membawa masa depan cerah untuk membanggakan keluarga, nusa dan bangsa.

SP-JPR / Red.

 

 

Tags: , ,