Mengenang Siti Latifah Herawati Diah, Google Doodle Tampilkan Gambarnya

Google Doodle menampilkan gambar Siti Latifah Herawati Diah dalam tiga tampilan.

SuaraKritis.net – Memperingati hari kelahiran tokoh pers Indonesia Siti Latifah Herawati Diah, Minggu, 3 April 2022 tepat pada 105 tahun silam, Google Doodle menampilkan gambarnya dalam tiga tampilan.

Siti Latifah Herawati Diah lahir di Tanjung Pandan pada 3 April 1917. Dia meninggal pada 30 September 2016 di Rumah Sakit Medistra, Jakarta, dalam usia 99 tahun dan dimakamkan disamping suaminya di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Herawati belajar pendidikan sosiologi dan ilmu jurnalistik di Barnard College yang berafiliasi dengan Universitas Columbia, New York. Setelah lulus ia kembali ke Indonesia pada 1942 dan menjadi reporter di United Press International atau UPI.

Selanjutnya Herawati menjadi penyiar di Radio Hosokyokumi disana ia bertemu dengan Burhanuddin Mohammad (BM) Diah adalah Menteri Penerangan pada 1968 yang akhirnya menjadi suaminya.

Baca juga:  Bareskrim Tetapkan Kadishub dan Anggota DPRD Tersangka Kasus Mafia Tanah di Depok

Herawati dan BM Diah kemudian bersama-sama mengerahkan Harian Merdeka. Mereka kemudian mendirikan surat kabar berbahasa Inggris, Indonesian Observer pada 1954.

Menurut beberapa sumber, sederet penghargaan juga telah diraihnya, termasuk Lifetime Achievement atau Prestasi Sepanjang Hayat dari PWI Pusat. (*)

 

Editor: rfr

 

 

 

 

 

 

 

Tags: ,