Kepedulian Moeldoko Center, Terhadap Kesenian Tradisional Ketoprak dan Emprak

Jepara, SuaraKritis.net – DPD Moeldoko Center (MC) Jawa Tengah dan DPC MC Kabupaten Jepara, Selasa 13/9/2022 di rumah Mbah Kholil Ketua DPD MC Jateng desa Kecapi, bersama H. Noorkhan, SH. Ketua DPC MC Kabupaten Jepara menerima kunjungan dari kelompok kesenian tradisional Ketoprak dan Emprak.

Nampak kedua kelompok kesenian yaitu Ketoprak Mekar Budoyo dari desa Jerukwangi yang dipimpin oleh Ariyoto dan kelompok Kesenian Emprak Sido Mukti yang dipimpin Sunari dari desa Kepuk, Kecamatan Bangsari, Kabupaten Jepara.

Kedua kelompok meminta bantuan Mbah Kholil agar bisa audiensi / silaturahmi dengan Pj. Bupati Jepara dan mengharapkan DPD MC Jateng & DPC MC Jepara ikut mendukung pelestarian seni budaya tradisional, agar tidak tergerus budaya asing.

Baca juga:  DPC IMDI Kabupaten Cirebon Serahkan Bantuan Korban Banjir

 

Kesenian tradisional Tari Emprak yang asli dan khas dari Kabupaten Jepara, semakin meredup eksistensinya dan nyaris punah.

Hal ini menjadi kepedulian pengurus Moeldoko Center. Sebagai bentuk dukungan Moeldoko Center Jawa Tengah dan Jepara. “Moeldoko Center, siap membantu memperjuangkan nasib pelaku kesenian baik Ketoprak dan seni tradisional Emprak, agar bisa eksis dan memperoleh dukungan dari warga masyarakat dan Pemkab Jepara,” ungkap Mbah Kholil, saat ditemani oleh H. Noorkhan, SH., Ketua DPC Moeldoko Center.

SP-JPR / Red.

Tags: , , ,