BEM Stikes Hamzar, Ajak Mahasiswa Ingat Sejarah Kelam Bangsa Pasca Pemutaran Film G30SPKI

Lombok Timur, SuaraKritis.net – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Hamzar, Lombok Timur, NTB, gelar nonton bareng (Nobar) film tragedi Gerakan 30S PKI di halaman Kampus Stikes 30/9/2022 malam.

Harianto Presiden Mahasiswa Stikes Hamzar, mengatakan bahwa bulan September ini, menjadi peristiwa hitam berdarah masa lalu bangsa yaitu peristiwa penculikan dan pembunuhan para Jenderal atau lebih dikenal dengan peristiwa G30S PKI.

Sebagai mahasiswa, tentu kita harus menelaah sejarah bangsa ini secara totalitas, agar kita yang notabene nya sebagai generasi penerus bangsa tidak kaku dalam mengenang sejarah penghianatan PKI kepada 6 Jenderal TNI dan satu Perwira.

Mereka lanjut Harianto, adalah Jenderal Ahmad Yani, Letjen Raden Suprapto, Letjen S. Parman, Mayjen Mas Tirtodarmo Haryono, Mayjen Donald Isaac Pandjaitan, Mayjen Sutoyo Siswomiharjo dan Kapten Pierre Tendean.

Mereka di tetapkan sebagai Pahlawan Revolusi oleh pemerintah Indonesia.

Baca juga:  HIMMAH NWDI Lotim Gelar Aksi Bersihkan Sampah di Pantai

Lebih lanjut Presiden BEM Stikes Hamzar, Harianto menjelaskan bukan tanpa dasar, tapi ini sebagai bentuk penghormatan negara kepada mereka yang menggunakan jiwa korsanya, merelakan jiwa dan raganya demi membela bangsa dan negara.

Berdasarkan pantauan media ini, ada puluhan mahasiswa yang memadati dalam acara nobar tersebut.

Ada sekitar puluhan Mahasiswa/Mahasiswi Stikes Hamzar, yang ikut nonton dari semua angkatan. Ada juga yang tidak bisa ikut nonton karena hujan.

Pihak BEM juga menyediakan kopi gratis dan permen bagi yang datang menonton.

“Pemutaran film G30S PKI ini akan mempresentasikan fakta sejarah, sejarah masa lalu bangsa yang di putar ulang, paling tidak mahasiswa yang hadir ini punya modal pemahaman tentang sejarah, agar bisa mengimbangi keorisinalitas film yang di putar,” pungkas Harianto.

Ar Yandis / Red.

Tags: , , ,