Anggota Komite SD Tanyakan Uang Lapak yang Tidak Jelas

Pati, SuaraKritis.net – Anggota Komite SD Negeri 01 Muktiharjo, Kecamatan Margorejo, Kabupaten Pati bernama Ragito saat diwawancarai awak media di lokasi sekolah, dia berkata bahwa adanya pungutan, yang pertama uang dengan nilai Rp.1jt500rb selama 3 tahun dan setiap bulan juga ditarik Rp.100rb serta kebersihan juga ditarik per hari Rp.4rb setiap lapak yang berjualan di lingkungan sekolah.

Menurut keterangan tersebut, Ragito mempertanyakan,”Kemana uang segitu banyak dan dibuat apa?, apakah digunakan pribadi?,” ujarnya.

Berbagai kontroversi timbul dikalangan komite sekolah. Dan, banyak yang bertanya-tanya. “Dan, sampai sekarang anggota komite juga tidak pernah mendapat insentif dalam melakukan kegiatan rutin maupun gaji bulanan,” kata Ragito selaku anggota komite sekolah SD Negeri 01 Muktiharjo, Sabtu (1/10/22).

Sedangkan, Kepala Sekolah SD Negeri 01 Muktiharjo bernama Sukardi saat ditemui awak media di ruangan kantornya, dia menjelaskan bahwa kegunaan uang tersebut, ia tidak tahu sama sekali.

Saat ditanyakan, terus kemana uang itu? Sukardi mengelak dan menghindar saat di tanyakan terkait semua uang sewa lapak jualan yang begitu banyak dan tidak ada rasa tanggung jawab.

Baca juga:  Puncak Hari Santri, Henggar Pimpin Apel dan Kirab Akbar

Sukardi Kepala Sekolah diam dan tidak mau komentar kembali serta diam saat awak media memberikan banyak pertanyaan, justru nada menghardik dengan keras.

Kejadian berikutnya, disinilah, anggota komite SD Negeri 01 Muktiharjo, yang mewakili ketua, Ia menyampaikan bahwa ketua belum bisa hadir dalam pertemuan ini, karena ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan.

Kemudian, Ragito selaku anggota komite SD Negeri 01 Muktiharjo pun, merasa sangat kecewa terhadap sikap kepala sekolah SD yang tidak transparan sama sekali. “Padahal niat saya kan baik mempertanyakan, tetapi sambutannya kok malah kasar dengan nada tinggi,” ketus Ragito.

Tak hanya itu, Ragito pun meminta Disdikbud Kabupaten Pati, agar segera turun untuk sidak dan mempertanyakan kemana uang sewa lapak jualan di lingkungan sekolah ini.

“Jangan sampai uang tersebut, disalahgunakan oleh oknum yang tidak mau bertanggung jawab,” tegas Ragito.

Didik Andoyo / Red.

 

 

Tags: , ,