Agus Sutisna, Apresiasi Seleksi Ketat oleh Pj. Bupati Jepara Dalam rencana Penyertaan Modal BUMD dan Bank Jateng

Jepara, suarakritis.net – 4 (empat) Ranperda telah diserahkan oleh Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta melalui Sekda Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko.

Keempat Ranperda tersebut yaitu: Pertama, Ranperda Tentang Penyertaan Modal Daerah Pada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tahun 2023 – 2027, Kedua Ranperda Tentang Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa), ketiga, Ranperda Tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh dan Keempat Ranperda Tentang Pembentukan, Kedudukan, Tugas dan Fungsi, Struktur Organisasi, dan Tata Kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara.

Agus Sutisna, yang terpilih menjadi ketua Panitia Khusus 1 yang membahas Ranperda Penyertaan Modal BUMD 2023 – 2027, mengapresiasi Pemerintah Daerah dalam hal ini Pj. Bupati Jepara yang telah melakukan seleksi ketat terutama dalam besaran Penyertaan Modal yang akan di distribusikan.

Hal itu disampaikan saat memimpin rapat pansus, bahwa empat BUMD dan Bank Jawa Tengah (BPD Jateng) semula mengajukan usulan berdasarkan rencana kerja masing – masing dengan akumulasi jumlah penyertaan modal sebesar Rp.195 M, namun dengan seleksi yang sangat ketat yang muncul didalam draft Ranperda tentang penyertaan modal tersebut adalah Rp.80 M, untuk empat BUMD dan 1 Bank Jateng, yang direncanakan disalurkan selama 5 tahun.

Jumlah Rp.80 M tersebut dibagi sebagai berikut, a. Kepada PT. BPR Bank Jepara Artha (Perseroda) sebesar Rp19.000.000.000,00 (sembilan belas miliar rupiah), b. Kepada PT. BPR BKK Jepara (Perseroda) sebesar Rp. 5.750.000.000,00 (lima milyar tujuh ratus lima puluh juta rupiah), c. kepada Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Jungporo Kabupaten Jepara sebesar Rp.12.750.000.000,00 (dua belas miliar tujuh ratus lima puluh juta rupiah), d. kepada Perusahaan Umum Daerah Aneka Usaha Kabupaten Jepara sebesar Rp.2.500.000.000,00 (dua miliar lima ratus juta rupiah) dan e. Bank Jateng sebesar Rp.40.000.000.000,00 (empat puluh miliar rupiah).

“Ini artinya Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta telah melakukan seleksi ketat, berdasarkan program kerja dan tentu berdasarkan kemampuan keuangan daerah,” ujar Agus Sutisna

Pengajuan Ranperda tersebut adalah bertujuan untuk meningkatkan dan memperkuat struktur modal pada BUMD berdasarkan perencanaan kerja masing-masing, dalam meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat, serta meningkatkan pertumbuhan perekonomian.

Baca juga:  KKN IAIN Kudus Adakan Seminar Tentang UMKM di Desa Bucu

“Khusus untuk PDAM Tirto Jungporo penyertaan modal ini sangat dibutuhkan untuk syarat menerima program hibah MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah) dari pemerintah pusat melalui Direktorat Air Minum, Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR, serta peningkatan kapasitas dan kemampuan PDAM Jepara dalam mencukupi kebutuhan air bersih sesuai Program 100-0-100 dari Pemerintah Pusat,” pungkas Agus Sutisna.

SP-JPR / Red.

Tags: ,